Jumat, 15 Januari 2010

HELLOWEEN RILIS ALBUM KOMPILASI


Band speed power metal veteran dari jerman; HELLOWEEN pada bulan januari 2009 ini merilis secara resmi album terbaru mereka. album yang diberi judul UNARMED ini sebenarnya adalah album yang berisi beberapa lagu lagu lama mereka yang direkam dan diaransemen ulang untuk memperingati 25 tahun perjalanan karir mereka di scene musik dunia.

album ini sendiri dirilis oleh Sony music/SPV/JVC di jepang dan asia tenggara pada tanggal 16 desember 2009 sedang untuk pasar eropa pada tanggal 29 januari 2009. cukup menarik juga karena jarang jarang pasar asia mendapat kesempatan pertama dibanding pasar eropa dan amerika.

UNARMED berisikan 11 lagu yaitu
'Dr. Stein'
'Future World'
'If I Could Fly'
'Where The Rain Grows'
'The Keeper's Trilogy'
'Eagle Fly Free'
'Perfect Gentleman'
'Forever & One'
'I Want Out'
'Falling To Pieces'
'A Tale That Wasn't Right'

kesebelas lagu lagu ini telah dirombak ulang dengan aransemen yang sangat berbeda. aransemen lagu lagu ini dikerjakan dengan nuansa akustik ditambah unsur unsur orkestra yang cukup dominan. pada saat pertama kali membaca bahwa mereka akan merilis album the best, saya tidak mengharapkan sesuatu yang spesial. tapi ternyata HELLOWEEN memberikan konsep yang "tidak biasa". tidak sekedar akustik juga tapi juga merombak aransemen lagu. yang mungkin bagi sebagian umat metal bakal tidak disukai.

di album ini helloween juga tidak hanya sekedar menggunakan orchestra sebagai sekedar tempelan, tapi mereka menggunakan full orchestra dari Prague Symphonic Orchestra pada lagu The keepers trilogy. lagu ini sendiri bisa dikatakan sebagai satu satunya lagu yang masih terasa unsur metal nya dengan double bass drum yang menggempur telinga yang dipadukan dengan unsur orchestra. lagu keepers trilogy ini sendiri adalah tiga lagu anthem helloween yaitu helloween, keepers of the seventh keys dan the king for 1000 years dengan durasi lebih dari 17 menit! lagu keepers ini juga menjadi inti dari album ini sekaligus sebagai masterpiece/highlightnya.

selain keepers trilogy, tidak ada lagi lagu lagu di album unarmed yang "metal". yang mungkin bagi sebagian fans helloween dipandang negatif, tapi sebenarnya inilah kekuatan album ini. lagu lagu yang diaransemen ulang semuanya menjadi unik. simak bagaimana dr. stein yang aslinya mid tempo menjadi lagu yang catchy dengan irama ska lengkap dengan trumpet & saxophone termasuk solo gitarpun diganti dengan saxophone.

simak juga future world yang aslinya ngebut dan menjadi semacam lagu kebangsaan helloween dipermak habis menjadi sangat jazzy. dan mungkin yang paling menarik adalah eagle fly free. lagu ini menjadi sangat unik dengan unsur tabla dan backing vokal femalenya. mungkin kalo lagu ini dirilis di indonesia bisa jadi dangdut hehehehehe....

jadi buat kalian yang mengharapkan helloween akan tetap seperti helloween yang seperti biasanya, bersiap2lah kecewa seperti album chamelleon. tapi buat kalian yang mecari sesuatu yang berbeda, sesuatu yang unik, ini lah yang kalian cari....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar