Kamis, 11 Februari 2010

GROWL

Istilah ini amat dikenal digalaksi metal dunia. Mengacu pada sebuah teknik bernyanyi yang kerap digunakan pada musik death metal. Teknik ini punya banyak nama mulai dari death growl, hars vokal, death vocal sampai cookie monster vocal. Nah yang terakhir disebut itu memang Cuma istilah lucu lucuan saja.

Contoh vokal growl bisa kita dengar pada band – band death metal atau grindcore. Meski populer di sub genre death metal dan grindcore, sebenarnya teknik ini banyak juga digunakan dijalur metal lainnya. Misalkan gothic metal, doom metal dan thrash metal. Dan, vokalis yang populer karena menggunakan teknik ini bukan hanya vokalis cowok. Ada beberapa vokalis band metal cewek seperti band kittie yang personilnya cewek semua, kemudian ada otep shamaya (otep), sonja scarlett (theaters des vampires) atau yang paling fenomenal adalah angela gossow dari arch enemy.

Jika merunut sejarah, gaya ini sebenarnya sudah lama muncul di pentas rock. Tahun 1956 lagu I put a spell on you yang dinyannyikan scramin’ jay hawkins sudah menggunakan teknik ini. Artinya teknik ini sudah dikenal satu dekade sebelum metal lahir!


source: majalah HAI edisi khusus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar